KOMPETENSI RELIGIUS
|
KOMPETENSI SOSIAL
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.1. Beriman pada Allah yang menyelamatkan semua orang,yang ditanggapi dengan beriman dan beragama
1.2. Bersyukur atas Gereja Katolik sebagai persekutuan dalam mewujudkan praktek hidup beriman kristiani.
1.3. Bersyukur atas hak dan kewajiban sebagai umat beriman kristiani
1.4. Bersyukur atas pelbagai bentuk pelayanan Gereja di tengah masyarakat.
1.5. Bersyukur atas keluhuran martabat hidup manusia
1.6. Beriman pada Allah yang mengajarkan kejujuran dan keadilan
1.7. Bersyukur atas keutuhan alam ciptaan
1.8. Bersyukur atas persaudaraan sejati dengan penganut agama dan kepercayaan lain
1.9. Bersyukur atas kesempatan untuk meraih cita-cita
1.10. Bersyukur atas Sakramen Perkawinan dan Sakramen Imamat
|
2.1. Disiplin menjalankan hidup beriman dan beragama sebagai tangggapan atas iman akan Allah yang menyelamatkan semua orang.
2.2. Bertanggung jawab dalam praktik hidup beriman kristiani.
2.3. Bertanggung jawab dalam melaksanakan hak dan kewajiban sebagai umat beriman kristiani
2.4. Peduli dalam kehidupan di tengah masyarakat
2.5. Peduli terhadap martabat luhur hidup manusia.
2.6. Jujur dan adil dalam bertindak
2.7. Bertanggung jawab untuk memelihara keutuhan alam ciptaan.
2.8. Toleransi terhadap penganut agama dan kepercayaan lain
2.9. Percaya diri dalam upaya meraihcita-cita
2.10. Peduli pada Sakramen Perkawinan dan Sakramen Imamat sebagai panggilan hidup
|
KOMPETENSI PENGETAHUAN
|
KOMPETENSI KETRAMPILAN
|
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1. Memahami tentang Allah yang senantiasa berusaha menyelamatkan semua orang, yang ditanggapi dengan beriman dan beragama
3.2. Memahami praktik hidup beriman kristiani dalam Gereja Katolik.
3.3. Memahami ajaran Gereja dan Kitab Suci tentang hak dan kewajiban umat beriman kristiani
3.4. Memahami latarbelakang dan tujuan, serta pelbagai bentuk pelayanan Gereja di tengah masyarakat
3.5. Memahami sikap dan pandangan Gereja tentang keluhuran martabat hidup manusia
3.6. Memahami ajaran Gereja tentang kejujuran dan keadilan
3.7. Memahami sikap dan pandangan Gereja atas berbagai keprihatinan tentang keutuhan alam ciptaan dan usaha yang dilakukan.
3.8. Memahami ajaran Gereja tentang persaudaraan sejati dengan penganut agama dan kepercayaan lain
3.9. Memahami pandangan masyarakat dan Gereja tentang pentingnya cita-cita.
3.10. Memahami Sakramen Perkawinan dan Sakramen imamat sebagai panggilan hidup
|
4.1. Melakukan aktivitas (misalnya menyusun doa/menulis refleksi/ membuat slogan/ membuat kliping) yang berkaitan dengan beragama dan beriman.
4.2. Melakukan aktivitas (misalnya mengucapkan doa syahadat/menuliskan refleksi/ menyusun doa/ mengikuti kegiatan di lingkungan) yang berkaitan dengan praktik hidup beriman kristiani.
4.3. Melakukan aktivitas (misalnya membuat jurnal/ menuliskan refleksi/ merencanakan kegiatan) yang berkaitan dengan kegiatan dalam hidup menggereja.
4.4. Melakukan aktivitas (misalnya menceritakan kembali/ malakukan wawancara/ menulis refleksi/ membuat kliping) yang berkaitan tokoh katolik yang terlibat aktif dalam kegiatan kemasyarakatan.
4.5. Melakukan aktivitas (misalnya menyusun doa/menuliskan refleksi/ membuat slogan/ membuat aksi) yang berkaitan dengan martabat luhur hidup manusia.
4.6. Melakukan aktivitas (misalnya membuat motto/ menuliskan refleksi/ menyusun doa/membuat kliping) yang berkaitan dengan kejujuran dan keadilan.
4.7. Melakukan aktivitas (misaalnya menanam pohon/ membuat biopori/ membuat motto/ menuliskan refleksi) yang berkaitan dengan keutuhan alam ciptaan.
4.8. Melakukan aktivitas ( misalnya berkunjung ke rumah ibadah agama lain/ menuliskan refleksi/ melakukan wawancara pada tokoh agama) yang berkaitan dengan persaudaraan sejati dengan penganut agama dan kepercayaan lain
4.9. Melakukan aktivitas (misalnya merencanakan masa depan/ menuliskan refleksi/ menyusun doa) yang berkaitan dengan upaya meraih cita-cita
4.10. Melakukan aktivitas (misalnya menyusun doa untuk imam/ menuliskan refleksi/ melakukan wawancara) yang berkaitan dengan sakramen perkawinan dan sakramen imamat.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar